BAHAN
AJAR RASIO TRIGONOMETRI
Mata Pelajaran : Matematika ( Wajib )
Kompetensi Dasar : 3.7. Menjelaskan rasio
trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada
segitiga siku-siku.
4.7.
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan
rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan
cotangen) pada segitiga siku-siku.
Tujuan :
Dengan mengamati
gambar yang disajikan diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggungjawab bekerjasama dan proaktif diharapkan siswa
dapat Menjelaskan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan,
dan cotangen) pada segitiga siku-siku
Materi Pembelajaran :
Rasio
Perbandingan Trigonometri
Gambar
di bawah adalah segitiga siku-siku dengan titik sudut sikunya di C. Panjang
sisi di hadapan sudut A adalah a,
panjang sisi di hadapan sudut B adalah b,
dan panjang sisi di hadapan sudut C adalah c.
Terhadap sudut a:
Sisi a disebut sisi siku-siku di depan sudut a
Sisi b disebut sisi siku-siku di dekat (berimpit) sudut a
Sisi c (sisi miring) disebut hipotenusa
Berdasarkan keterangan di atas,
didefinisikan 6 (enam) perbandingan trigonometri terhadap sudut a sebagai
berikut:
Dari perbandingan tersebut dapat
pula ditulis rumus:
Contoh:
Tentukan keenam perbandingan
trigonometri untuk a.
Penyelesaian:
Nilai b dihitung dengan teorema Pythagoras
Nilai Perbandingan Pada Sudut Istimewa
Sudut istimewa adalah sudut yang
perbandin gantrigonometrinya dapat dicari tanpa memakai table matematika atau kalkulator,
yaitu: 0°, 30°, 45°,60°, dan 90°.
Sudut-sudut istimewa yang akan
dipelajari adalah 30°, 45°,dan 60°.
Untuk
mencari nilai perbandingan trigonometri sudut istimewa digunakan segitiga
siku-siku seperti gambar berikut ini.
Tabel nilai perbandingan trigonometri untuk sudut-sudut istimewa.
Berikut bahan ajar dan LKS dapat di download disini.
ada lagunyaaa kwkwkw
BalasHapuskwwkkwkkw
Hapusbukannya tan 30° 1/3 akar 3
BalasHapusEmang udah bener
HapusMaaf, utk yg d tabel memng salah....
HapusTrimaksih koreksinya...
Namun d penjelasan diatas sudah benar kq...
🙏🙏🙏
Muhammad Maulana.s_RASIO TRIGONOMETRI_Hadirr
BalasHapusAndelia Mirsyanti Arsjad_RASIO TRIGONOMETRI_HADIR PAK
BalasHapusNur Ririnda Praclandini Hasriah_RASIO TRIGONOMETRI_Hadir pak
BalasHapusUswatun khasanah_Rasio Trigonometri_Hadir
BalasHapusIkbal_RASIO TRIGONOMETRI_Hadir
BalasHapusFachrul Rosidi_RASIO TRIGONOMETRI_Hadir
BalasHapusAdhitya Renaldy_Rasio Trigonometri_Hadir
BalasHapusAdam Wahyu Indraprastha_Rasio Trigonometri_Hadir
BalasHapusMira parameswari arhat_Rasio Trigonometri_Hadir
BalasHapusDesnita syhariani_ Rasio Trigonometri_Hadir
BalasHapusM.Ryanda Rahman_Rasio Trigonometri_Hadir
BalasHapusMuhammad ridhol mahbubi_Rasio_Trigonometri_Hadir
BalasHapusDimas Nur Hidayat_Rasio Trigonometri_Hadir
BalasHapusDimas Nur Hidayat_Rasio Trigonometri_Hadir
BalasHapusDurotun Nasikah_Rasio Trigonometri_Hadir
BalasHapusMatematika itu dulu mudah, namun semenjak X dan Y menyerang jdi hancur:v
BalasHapus